Senin, 24 Oktober 2022

Relationship Marketing: Pengertian, Tujuan dan Strateginya..

 

 


Relationship marketing atau biasa dikenal dengan pemasaran hubungan merupakan teknik penting dalam suatu metode marketing. Strategi tersebut mampu menjaga hubungan antara pelanggan maupun perusahaan agar keduanya masih terhubung selama kepentingan usaha.

Sayangnya, saat ini banyak pebisnis yang melupakan metode pemasaran ini. Padahal apabila kamu mempunyai hubungan baik dengan para customer, hal ini menandakan bahwa loyalitas pelanggan juga meningkat. Jadi secara tidak langsung, keuntungan usaha akan bertambah.

Lantas bagaimana dengan kamu ketika baru saja mengaplikasikan relationship marketing pada suatu bisnis? Apakah saat ini kamu sudah memiliki hubungan yang baik bersama pelanggan? Tentu saja hal ini harus dijadikan sebagai evaluasi agar benar-benar menjaga komunikasi sebaik mungkin.

Apa Itu Relationship Marketing?

Pengertian Relationship Marketing
Pengertian Relationship Marketing, Sumber gambar: mobileappdaily.com
 

Definisi dari relationship marketing adalah salah satu strategi pemasaran untuk menjalin hubungan secara lebih personal dan dalam dengan pelanggan. Tidak hanya itu saja, metode ini juga berguna untuk menjamin loyalitas merek sekaligus kepuasan customer dalam waktu jangka panjang

Dari penerapan relationship marketing ini, perusahaan bisa menciptakan hubungan kuat dan baik dengan pelanggan mereka. Selain itu, mereka juga memperoleh kepercayaan dari customer sehingga perkembangan bisnis akan lebih cepat.

Bisnis pun bisa mendapat keuntungan lain berupa promosi dari mulut ke mulut ketika mereka menyebarkan informasi kepada orang lain. Selanjutnya informasi tersebut tentunya secara tidak langsung akan menghasilkan keuntungan berlebih dan peluang bagus ke depannya.

Apa Kelebihan Relationship Marketing?

Kelebihan Relationship Marketing
Kelebihan Relationship Marketing, Sumber gambar: neverbounce.com

 

Sama halnya seperti yang telah dijelaskan pada ulasan sebelumnya, relationship marketing adalah strategi pemasaran untuk ditujukan dalam waktu jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa kelebihan metode relationship marketing:

1. Mempertahankan Pelanggan dalam Jangka Panjang

Dari sebuah penelitian membuktikan bahwa semakin lama pelanggan mampu bertahan pada sebuah merek, maka mereka merasa semakin berharga. Jadi sederhananya, pada saat kamu sedang membangun hubungan bersama customer, kamu bukan sekedar menjual produk saja.

Jadi tidak hanya menjual produk saja namun mengembangkan loyalitas dan kesetiaan bersama customer. Hal ini membuat para customer cenderung bertahan pada suatu merek bisnis kamu dalam jangka panjang karena mereka menganggap bahwa pelayanan memuaskan adalah kuncinya.

2. Meningkatkan Kemungkinan Rekomendasi

Pada penerapan marketing seperti ini, tentunya ada banyak sekali strategi yang bisa digunakan agar bisa menarik customer. Namun sayangnya, salah satu hal paling efektif yakni pada saat informasi tersebut telah tersebar ke sesama pelanggan dari mulut ke mulut.

Hal ini juga didukung oleh sebuah hasil penelitian menunjukkan jika sebanyak 84% pelanggan akan mengutip rekomendasi dari orang terdekat mereka seperti anggota keluarga dan teman. Mereka menganggap bahwa saran tersebut menjadi sumber paling terpercaya sebelum memilih merek

3. Membuat Perubahan Harga Menjadi Lebih Mudah

Tidak jarang juga bahwa beberapa usaha merasa takut akan kehilangan customer pada saat ingin meningkatkan harga produknya. Namun kondisi ekonomi sering memaksa usaha untuk memutuskan terjadinya perubahan harga demi bisa memenangkan persaingan dalam pasar.

Saat hal ini terjadi, kamu bisa memakai teknik pemasaran hubungan untuk membantu dalam menentukan perubahan harga menjadi terasa lebih mudah. Hal ini juga karena loyalitas customer dirasa tidak memikirkan perubahan harga saat sudah percaya suatu brand.

4. Menciptakan Peluang untuk Mendapatkan Umpan Balik Pelanggan

Saat bisnis hendak mengeluarkan produk baru baik berupa barang maupun layanan, umumnya mereka akan kebingungan mencari sampel uji coba. Keberadaan pelanggan yang sudah lama menjadi customer tentu sangat membantu pemilik usaha dalam mengetahui respon dari pembeli lama

Tidak hanya itu saja, kamu pun bisa memanfaatkan momen ini dalam menentukan kekuatan paling besar yang ada di dalam bisnis tersebut. Cukup identifikasi saja dari rekomendasi para pelanggan loyal apa saja harus ditingkatkan di waktu kedepannya.

5. Memberikan Keunggulan Kompetitif untuk Perusahaan

Selanjutnya, perlu kamu tahu jika tak semua orang akan memakai metode pemasaran hubungan ini pada perusahaan mereka. Nyatanya hal ini jadi kabar baik untuk suatu usaha karena tidak seluruh pesaing bisnis kamu memiliki hubungan baik dengan pelanggannya masing-masing.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut atas dasar menggunakan hubungan yang baik bersama pelanggan lewat metode relationship marketing tersebut. Tentu saja strategi ini memiliki tujuan utama gun meningkatkan peluang bisnis dan menciptakan loyalitas para customer.

Apa Tujuan Relationship Marketing?

Sebelum menerapkannya, penting bagi kamu untuk mengetahui apa tujuan utama dari relationship marketing tersebut. Fungsinya adalah menjalin hubungan kuat antara para pelanggan dan juga tim marketing. Hal ini secara langsung mampu meningkatkan peluang guna mencapai kesepakatan.

Adanya loyalitas pelanggan tentunya sangat penting untuk dicapai oleh para pelaku usaha terutama jika mereka baru saja merintis di awal waktu. Dengan begitu, brand awareness pun lama-lama akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu selama bisnis tersebut berkembang.

Tidak hanya itu saja, menjaga hubungan bersama pelanggan juga bisa kamu lakukan dengan mengetahui bagaimana cara mereka memakai produk tersebut baik dalam bentuk barang maupun layanan bisnis. Cukup amati saja dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.


Bagaimana Strategi Relationship Marketing yang Baik?

Strategi Relationship Marketing
Strategi Relationship Marketing, Sumber gambar: surveysparrow.com

 

Dalam penerapannya, ada beberapa strategi yang harus kamu terapkan pada sebuah bisnis. Tentu hal ini penting untuk diketahui terutama bagi para pelaku usaha dan masih pemula menjalaninya. Dengan tujuan utama mampu menciptakan hubungan sebaik mungkin bersama pelanggan.

1. Memberikan Pelanggan Layanan yang Terbaik

Menyediakan layanan berkualitas dan terbaik menjadi hal pertama yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menerapkan strategi relationship marketing mereka. Dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin, pelanggan akan merasa terkesan dan lebih setia pada brand tersebut.

Maka dari itu, kamu harus menawarkan layanan terbaik pada mereka dengan cara memberikan sambutan yang ramah, tersenyum setiap saat hingga memenuhi apapun kebutuhannya. Lakukan hal-hal seperti ini secara konsisten.

2. Mengucapkan Terima Kasih

Kamu mungkin tidak lupa berpikir bahwa sebenarnya ucapan terima kasih bisa memberikan dampak yang begitu luar biasa untuk bisnis yang sedang dikembangkan. Padahal cara sederhana seperti ini mampu membangun hubungan baik bersama para pelanggan sekaligus meningkatkan loyalitasnya.

Kamu bisa mengucapkan terima kasih pada pelanggan setia lewat beberapa cara. Misalnya mengucapkan pada postingan media sosial, hadiah manis ataupun kartu ucapan yang terasa personal sehingga membuat mereka merasa lebih spesial.

Adanya relationship marketing sangat penting untuk kamu terapkan di dalam sebuah bisnis. Bahkan mereka pun bisa memberikan umpan balik sehingga dapat dimanfaatkan guna meningkatkan kualitas produk yang tengah dikembangkan.

Beberapa kali tidak ada salahnya jika kamu meminta umpan balik dari customer lewat survei hingga jajak pendapat. Mereka pun menganggap bahwa pendapatnya juga diterima sehingga merasa lebih dihargai sebagai customer.

Jangan ragu juga untuk menciptakan program loyalitas yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesetiaan para pelanggan. Beberapa contohnya seperti menciptakan event spesial, program tingkatan hingga value brand.

Ternyata Ini Tips Banjir Prospek Tanpa Bayar Iklan.. 

Semakin banyak leads / prospek yang Anda dapatkan, semakin besar potensi mendapatkan orderan.

Biasanya banyak pebisnis yang mengandalkan iklan berbayar untuk mendapatkan prospek, seperti iklan di Fb Ads atau Google Ads.

Sayangnya cara tersebut kurang "ramah kantong" buat orang yang belum punya budget khusus untuk bayar iklan.

 

 

Nah, Maukah Anda Bisa Banjir Prospek Tanpa Harus Bayar Iklan?

Cukup sekali setting saja & bisa banjir prospek dalam jangka panjang..

 Simak Detailnya Di Sini

 


 

Ingin Trafic Berlimpah Secara otomatis ke bisnis anda?



Atau ingin Seperti mereka?







3 In One Auto metode akan dikupas di sini :

1. Metode Auto Keyword Traffic

Sebuah metode mendatangkan traffic ke website wordpress anda dengan ribuan traffic yang cukup sederhana dilakukan oleh pemula sekalipun. 

BONUS Plugin pendukung. 


2. Metode Autorotating 

Metode yang mampu membantu menghidupkan kembali website "mati suri" sehingga memiliki traffic yang berlimpah & tentu mendominasi search engine. 

Dua metode di atas akan dikombinasikan bersama sehingga anda akan memiliki ASET-ASET DIGITAL yang mampu berjalan secara OTOMATIS. 

Bisa anda gunakan utk apa? Bisa untuk affiliate, online shop (bonus konek ke ratapay payment gateway), web dummy, dll - TANPA REPOT mikir pejwan karena fokusnya ke traffic.

3. Sistem Autoprospek

Ini adalah sebuah aplikasi yang cukup sederhana namun powerfull untuk mencari ribuan prospek / calon customer secara OTOMATIS pula. Bahkan semenjak digunakan oleh 300 lebih pengguna, autoprospek sudah mengalami 3-4x update $ FREE utk pengguna. 

Detil software bisa dilihat di autoprospek.com

Mengapa dibuka workshop ini? 

Kami ingin membantu berdasarkan pengalaman bahwa tidak semua orang khususnya team marketing sebuah usaha mampu menjalankan iklan berbayar seterusnya. Beda orang beda style. 

Maka berdasarkan pengalaman sendiri, kami ingin mengajarkan bagaimana membangun satu dua channel pemasaran online yang sederhana & tentunya bisa berjalan otomatis minimal setting sekali jalan sendiri. . 

Momen awal tahun akan cocok untuk memulai metode ini untuk anda yang ingin mendatangkan traffic/lead yang banyak secara otomatis. 

Event ini akan diadakan secara online dengan kuota peserta terbata

BISA DILAKUKAN TANPA PUNYA PRODUK SEKALIPUN! MODAL WEBSITE TEROPTIMASI


Emak Emak Pun bisa!




Bersaing dengan Keyword internasional !

HAK CIPTA DI LINDUNGI UNDANG-UNDANG


Tujuan Event

  • optimasi marketing otomatis

Who Should Buy This Product ?

  • pemilik bisnis

  • online marketer

Requirements

  • Laptop

  • domain & hosting

  • Website berbasis wordpress

  • kuota


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Relationship Marketing: Pengertian, Tujuan dan Strateginya..

    Relationship marketing atau biasa dikenal dengan pemasaran hubungan merupakan teknik penting dalam suatu metode marketing. Strategi te...